Critical Review on Vertical Integration as Organization Ownership : The Fisher Body – General Motor Relatinship Revisited, By Benjamin Klein (1988)
Fisher Body mendapatkan kontrak ekslusif untuk mensupply metal body car ke Perusahaan General Motor pada tahun 1919. Pada tahun 1924, permintaan akan badan mobil yang terbuat dari logam meningkat menjadi 65% terhadap produksi mobil GM. Tetapi Fisher Body menolak untuk pindah ke lokasi yang lebih dekat ke GM yang menyebabkan “Hold UP terhada GM, sehingga menjadi salah satu alas an mengapa GM mengakuisis Fisher Body.
Di dalam artikel ini Klein mencoba memberikan penjelasan atas kritik coase yang mengatakan bahwa penjelasan Klein hanya merupakan alternative dan tidak benar. Walaupun pada dasarnya Coase setuju bahwa “Quasi Rent” akibat investasi yang sangat specisific bisa menyebabkan issue potensial untuk hold up, tetapi bukan menjadi alasan utama untuk melakukan integrasi vertical daripada menggunakan kontrak jangka panjang, karena “opportunistic behaviour biasanya telah dicek dengan efektif di pasar oleh kontrak dan reputasi yang bertransaksi. Coase juga mengatakan bahwa biaya mekanisme pasar adalah menemukan harga dan melakukan kontrak, dengan begitu integrasi vertical bukanlah solusi yang utama.
Klien menegaskan bahwa elemen yang paling penting dari biaya transaksi bukan “biaya tintanya” untuk menulis peristilah dalam kontrak seperti yang telah dikatakan oleh Coase, tetapi yang paling significant adalah biaya untuk yang tidak terantisipasi selama negosiasi kontrak dan proses negosiasi ulang.
Hanya sekedar menambah apa yang telah dikatakan oleh Klein, selain mencegah biaya-biaya yang tidak terantisipasi sebelumnya, dan kenapa pemilihan integrasi vertical seringkali menjadi pilihan bukan long term kontrak, adalah sifat dari kontrak tersebut yang sangat rigid atau kaku seringkali suatu perusahaan sulit melakukan suatu tindakan yang tepat untuk mengadaptasi perubahan situasi yang terjadi di lingkungan perusahaan tersebut. Disamping tentunya faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan vertical integrasi atau LT kontrak antara lain gain power di dalam industri mereka, mengamankan supply mereka ( dalam hal ini adalah body metal) yang memang tidak mudah didapat di spot market.
No comments:
Post a Comment